Rabu, 05 Maret 2014

definisi tinju

Definisi Tinju

Kata Tinju adalah terjemahan dari bahasa Inggris " boxing " atau " Pugilism ". Kata Pugilism berasal dari bahasa latin, Pugilatus atau pinjaman dari kata yunani. Dalam bahasa Inggris yaitu Tinju Manusia, kalau terkepal, berbentuk seperti kotak. Dalam bahasa Yunani berarti tangan terkepal menjadi tinju, siap untuk berkelahi, bertinju.

Tinju adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa, dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut " ronde ". Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petarung / petinju berusaha menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.

 Ini adalah salah satu olahraga olimpyc tertua, berasal dari tradisi militer kuno yang digunakan sebagai perkelahian antara dua individu. Dalam tinju ada dua bentuk yang diakui : pertama tinju frofessional dan kedua tinju amatir yang biasa disebut dengan gaya olimpy.

            Nilai diberikan untuk pukulan yang bersih adalah bagian depan pinggang atas yang sah dari lawan, apabila pukula mengenai dada dan kepala itu akan mendapatkan nilai lebih. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sejumlah ronde yang direncanakan akan dinyatakan sebagai pemenang.

Knockout atau KO adalah suatu kemenangan yang dicapai jika lawan yang  dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit, Technical Knockout atau TKO yaitu jika lawan dinyatakan tidak mampu melanjutkan pertandingan. Untuk keperluan rekor pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.

B. Perbedaan Tinju Frofessional dan Tinju Amatir
             Berikut adalah beberapa bentuk perbedaan antara tinju frofessional dengan tinju amatir :

Bentuk Perbedaan
Tinju Frofessional
Tinju Amatir

Tujuan

Knockout ( KO ), pukulan consussive yang membuat seorang tak berdaya,
Untuk mencetak poin, siasat, kondisi fisik, dan strategi merupakan faktor yang lebih signifikan dalam menentukan hasil sebuah pertarungan.

Perlindungan

Tidak menggunakan penutup kepala ataupun kemeja puncak
Menggunakan penutup kepala dan kemeja puncak guna untuk mengurangi resiko dan abration.

Waktu
Serangan profesional  (minimum 4 - 3 putaran menit, dan biasa dipergunakan 10 atau 12 putaran)
Amatir lebih pendek (3 menit per putaran atau 5 menit 2 putaran)
Peralatan
menggunakan sarung tangan ringan, sehingga meningkatkan kekuatan pukulan mendarat.
harus sarung tangan jari petinju untuk mencegah cedera mata.
Pukulan
knockdown, dengan menjatuhkan lawan ke bawah, seorang  petinju dapat memenangkan putaran 10-8 lebih dari 10 hingga 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar