Sabtu, 08 Maret 2014

Tak Bisa Bela Diri, Taklukkan Dua Penjahat

1990 ini patut diacungi jempol. Meski tidak memiliki postur tubuh tegap dan keterampilan bela diri, dia berhasil meringkus dua penjambret. Atas keberanian itulah, dia mendapatkan penghargaan dari Wali Kota Padang Fauzi Bahar saat peringatan Sumpah Pemuda.

NAMA Roby Harianto me­­­ng­gema di seantero la­pangan Imam Bonjol Padang, ke­marin. Ketika namanya di­se­butkan, pemuda ini lang­sung maju ke pinggir lapangan upacara. Tapi di saat proto­koler menyebutkan dia pemu­da yang berhasil mengga­gal­kan aksi jambret dan mem­bekuk dua penjambret dengan tangan kosong, para peserta upacara bertepuk tangan.

Sambil menahan haru, se­saat setelah disalami Wali Kota Padang Fauzi Bahar yang lang­sung menyerahkan reward Rp 5 juta, pemuda kelahiran Si­bolga ini men­ceritakan kisah­nya kepada Padang Ekspres.

Masih segar dalam inga­tan­nya, 1 September lalu, se­kitar pukul 17.30, dia mem­boncengi teman wanitanya dengan motor. Dia tidak curiga sama sekali ketika dua pria tak dikenal membuntutinya dari belakang.

Ketika itu, Roby bersama teman wanitanya menuju sa­lah satu kafe di Jalan Ahmad Yani. Di saat melambat laju mo­tor hendak berbelok ke ka­nan, tiba-tiba kedua pria tadi langsung merenggut tas te­mannya. Menyadari temannya dijambret, dia langsung me­ngejar penjambret tersebut.

Penjambret itu melarikan diri ke arah Jalan Kartini me­nuju Jalan Sudriman, dekat ATM Bank Mandiri. Dia terus mengejar penjambret yang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi. Sesampai di Jalan Sudirman, Roby melihat penjambret itu masuk ke Jalan Situjuh.

Apes bagi kedua penjam­bret ini, ketika berada di depan SMAN 10 Padang. Langkah penjambret itu terhalang ten­da baralek warga. Di saat itulah, Roby menabrak motor pen­jambret itu. Tak ayal, ma­syarakat sekitar terkejut. Sete­lah diberitahu kedua pria itu penjambret, warga spontan melumpuhkannya. Namun, seorang penjambret lagi ber­hasil kabur.

Robi pun kembali menge­jar­nya. Di salah satu gang di Jalan Situjuh, Roby berduel satu lawan satu dengan pen­jambret. “Saya sempat bertinju dengan penjambret itu. Sete­lah itu, datang warga mem­bantu saya,” ucap Roby. Kedua penjambret lalu dibawa ke kantor polisi dan terbebas dari amukan massa.

Roby mengatakan, saat melakukan pengejaran, dia bertekad menciduk penjam­bret dan mengembalikan tas temannya itu. “Jika dihitung-hitung, isi tas hanya ada Rp 200 ribu. Ada juga timbul rasa takut. Apalagi saya tak punya ilmu bela diri,” ulas alumni ATIP Padang 2012 Jurusan Manajemen Industri ini.

Orangtua Roby, Ali Gabus saat menemani Roby men­da­patkan penghargaan dari wako Padang, menceritakan, sebagai pe­nisunan anggota TNI AD ber­pangkat pelda, dia mem­berikan pendidikan karakter pada anak-anaknya. “Saya me­na­nam­kan rasa tanggung ja­wab, rajin, dan setia kawan,” kata Ali yang terakhir bertugas sebagai intel Korem 032 Wira­braja ini.

Wali Kota Fauzi Bahar me­muji tindakan Roby yang be­rani melawan kejahatan. “Ayo, pemuda Padang. Harus berani dan buktikan kalau pemuda bisa mengguncang dunia,” imbuhnya.

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus