Sabtu, 08 Maret 2014

Sejarah Singkat Perjalanan Karir Mike Tyson


Michael Gerard Tyson alias Malik Abdul Aziz (lahir 30 Juni 1966, New York City, Amerika Serikat) adalah petinju profesional dan mantan juara kelas berat. Kariernya yang sangat menjanjikan terhambat oleh berbagai kasus kriminal. Julukan Mike Tyson secara internasional adalah "Iron Mike", merujuk pada postur tubuhnya yang kuat bagaikan besi.



Beberapa media massa yang lain lebih suka menyebutnya sebagai "The Baddest Man on Earth", yang merujuk pada perangainya yang buruk, baik di dalam maupun di luar ring tinju. Sedangkan pers Indonesia lebih senang menyebut Tyson sebagai "Si Leher Beton" merujuk pada lingkaran leher Tyson pada masa jayanya yang ekstra besar dari ukuran normal, dan tampak begitu kokoh.

Masa muda Mike Tyson

Dilahirkan di kawasan Bronx, New York City, Tyson adalah salah seorang petinju paling ditakuti karena kebrutalannya. Ia keluar masuk penjara anak-anak dan dikeluarkan dari sekolah. Ia kemudian ditarik keluar dari sekolah anak nakal oleh pelatih tinju terkenal, Cus D'Amato, karena ia melihat potensi dan bakat yang ada pada Michael Gerard Tyson.

Mike Tyson bertanding profesional pertama kali pada tanggal 6 Maret 1985 di Albany, New York. Ia menang di ronde pertama. Ia kemudian bertinju 15 kali lagi di 1985 dan memenangkan semua pertandingan dengan KO. Hampir semua kemenangan KO itu dia bukukan di ronde pertama.

Pada tanggal 22 November 1986 Tyson bertinju melawan Trevor Berbick untuk meraih gelar kelas berat versi WBC. Dan di ronde kedua, dia berhasil menang KO hingga dinobatkan sebagai juara dunia kelas berat termuda di dunia, saat usia 20 tahun.

Sejak itu Mike Tyson menumbangkan banyak petinju tenar seperti James Smith, Pinklon Thomas, Tony Tucker hingga ia berhasil menjadi Juara Sejati dengan mengumpulkan tiga gelar komisi tinju dunia yaitu WBA, WBC dan IBF.

Tahun 1987 Tyson melawan juara Olimpiade 1984 Tyrell Biggs dan menang KO juga di ronde ketujuh. Tahun 1988 melawan petinju veteran dan mantan juara kelas berat Larry Holmes menang TKO ronde ke-4, melawan Tony Tubbs di Tokyo menang KO ronde ke-2 dan namanya terus berkibar.

Bahkan Tyson sangat meyakinkan dunia saat menjatuhkan Michael Spinks yang diramalkan lawan terberat, justru bisa dipukul KO dalam waktu 90 detik di ronde pertama.

Pensiun

Mike Tyson akhirnya memutuskan untuk menggantung sarung tinjunya pada 11 Juni 2005 sesaat setelah kalah TKO oleh Kevin McBride.

"Saya tidak bisa melakukannya lagi Saya tidak bisa menipu diri saya sendiri," kata Tyson.

Ia mengaku mengambil keputusan itu demi olahraga tinju. "Saya tidak akan mengacaukan olahraga ini lagi Ini akhir karier saya. Semuanya sudah berakhir," kata petinju yang kini telah memasuki usia 46 tahun.

Keseharian Mike Tyson Setelah Pensiun

Setelah memutuskan pensiun, pria bernama Islam Malik Abdul Aziz ini, kini lebih banyak meluangkan waktunya dengan hal-hal yang berbau gadget.

Bahkan karena hobinya itu, Apple iPhone membuatkan game berjudul Mike Tyson: Main Event, yang menjadi salah satu game terpanas Apple iPhone. Tyson juga merupakan pribadi yang populer di Twitter, dengan lebih dari 1 juta follower yang dimilikinya.

Baru-baru ini Tyson juga tertangkap di Los Angeles tengah sibuk bekerjasama dengan sebuah perusahaan yang menyajikan ucapan ulang tahun, nada dering dan pesan telepon dari bintang terkenal untuk orang-orang di Facebook.

Dan yang unik, pria berusia 45 tahun ini ternyata juga hobi main video game, terutama Playstation 3. Game favoritnya adalah Heavenly Sword, Call of Duty: Black Ops dan Defcon 4.

Bila tidak main game, dia adalah seorang penonton TV yang berat, Tyson lebih memilih menonton History Channel. Sementara selain menonton, laptop selalu berada di dekatnya untuk mencari informasi setelah menonton History Channel.

Tyson yang sempat menjadi cameo dalam film Hangover ini ternyata juga menikmati bacaan tentang jalan-jalan atau berwisata, ia bahkan sangat tertarik mengenai perjalanan kembali ke Kekaisaran Bizantium.

”Anda selalu dapat menemukan sesuatu yang baru,” katanya. "Mereka menemukan sebuah makam Genghis Khan. Saya hanya berharap saya hidup cukup lama untuk melihatnya," tambah pria yang memiliki rekor 50 menang (44 KO) dan 6 kali kalah ini.

Tyson yang dilahirkan di Brooklyn, Amerika Serikat ini juga suka mendengarkan MP3 player saat dirinya sedang jogging. Dan yang paling membuat penasaran, apa saja daftar lagu yang dimiliki Tyson? Ternyata dia suka mendengarkan Aretha Franklin, Teddy Pendergrass, Etta James dan Toni Braxton, selain itu, Tyson ternya juga seorang penggemar Lady Gaga.

"Saya suka lagu-lagu lama, tapi Lady Gaga cukup asyik. Ya,” ucapnya.

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus